Sabtu, 02 April 2022

 

KONEKSI ANTAR MATERI COACHING

Ari Tri Noeryanti

Materi coaching dipelajari pada modul 2.3. Modul ini mempelajari tentang coaching. Pembahasan meliputi apa yang dimaksud dengan coaching, perannya serta bagaimana melakukannya. Teknik coaching seringkali rancu dengan proses konseling dan mentoring. Berikut disajikan tabel perbedaan coaching, konseling dan mentoring.


             Intinya bahwa coaching meletakan coachee sebagai subyek yang setara dengan coach, sehingga coachee dapat melakukan dengan kesadaran penuh ( mindfulness ) untuk menyadari bahwa tujuan coaching menjadi arah bagi sebuag proses. Melalui kesadaran diri coachee melakukan tindakan simpati dan berfikir kritis untuk mengidentifikasi dan mengenali permasalahan dan menyelesaikan dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri secara sadara dan bertanggungjawab.


 Dalam proses coaching yang tak kalah penting adalah kemampuan bertanya yang menentukan arah tuntutan untuk menemukan jalan keluar.


            Berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara bahwa pemimpin memiliki prinsip Tutwuri Handayani maka sistem coaching yang dikembangkan dalam merdeka belajar adalah sistem among. Sistem among yang artinya menuntun. Berikut disajikan hasil coaching dengan rekan sejawat

            Beberapa catatan bahwa sistem among yang memiliki prinsip tutwuri handayani merupakan implementasi dari Arti ( apresiasi,rencana,tulus dan inkuiri ). Coaching yang dilakukan merupakan bentuk apresiasi terhadap siswa yang dilakukan melalui perencanaan, dengan hati tulus dan melalui pemantik pertanyaan yang mendorong siswa berfikir kritis. Sehingga dalam pembelajaran diferensiasi dapat mendorong identifikasi masalah siswa untuk masukan bagi pengenalan profil siswa dan gaya belajar siswa.


            Coaching dilakukan dengan tulus, memiliki tujuan sehingga direncanakan karena membutuhkan perhatian dan waktu . Coach dan coachee benar – benar siap untuk berproses guru siap menjadi pamong dan among untuk menuntun siswa menemukan kekuatan, mengidentifikasi dan mencari jalan keluar agar siswa menemukan solusi sesuai dengan kemampuannya dengan sadar akan dilakukan untuk menemukan jawaban atau solusi bagi kesulitan yang dihadapi. Hal ini sangat mendukung bagi kompetensi sosial emosional karena dilakukan dengan sadar, menghasilkan keputusan yang bertanggung jawab. Coaching sangat membantu dalam identifikasi kesiapan belajar siswa, profil siswa, gaya belajar siswa dan keinginan siswa didalam pembelajaran.






1 komentar:

Unknown mengatakan...

Merkur Futur Adjustable Safety Razor - Sears
Merkur Futur Adjustable Safety Razor is the perfect https://septcasino.com/review/merit-casino/ balance of performance, ventureberg.com/ safety, 토토 사이트 추천 and comfort. Made in Solingen, Germany, this razor has a perfect balance of nov카지노 사이트

PESONA WADUK CENGKLIK DESA NGAGOREJO

Materi K 13 Kelas XII PERUBAHAN SOSIAL                     Ada istilah di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua bisa berubah sewaktu waktu o...