Rabu, 17 Mei 2017

Membentuk Karakter Melalui PDKT JET





            Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat demikianlah semboyan SMANILA sebutan lain dari SMAN 1 Ngemplak. Kegiatan olahraga dilaksanakan setiap Jumat yang dikenal melalui aktifitas Jumat sehat. Aktifitasnya diikuti oleh seluruh siswa beserta seluruh karyawan dan guru. Olahraga diadakan untuk melatih fisik dan psikis. Kesehatan psikis diperoleh dari efek bahagia karena sehat dan ceria melakukan gerakan berirama. Selain aktifitas senam, jalan kaki,  disajikan variasi kegiatan kreaktif siswa yaitu ’performance’ siswa dan praktik beberapa bahasa asing, melalui pidato. Jumat, 20 februari 2015 adalah hari istimewa karena disosialisasikan PDKT JET  sebagai The principles of life memperkuat brand sekolah sebagai sekolah berkarakter.
            PDKTJET kepanjangan dari peduli, disiplin, keyakinan, tanggungjawab, jujur, etika dan taat aturan. Membentuk karakter merupakan tugas bersama baik di dalam keluarga ataupun sekolah. Persoalan bangsa Indonesia berakar dari karakter anak bangsa yang tidak mampu mengatasi rintangan dan tantangan hidup. Persoalan bangsa meliputi korupsi, kolusi, nepotisme, aborsi, kemiskinan, ketidakadilan dan kesenjangan yang membuat tidak bisa beranjak dari negara berkembang. PDKTJET dimaksudkan untuk membangun karakter seluruh komponen sekolah.
            Peduli kawan melalui infak Rp.2000 bagi beasiswa siswa yang tidak mampu yang didukung partisipasi guru dan karyawan melalui infak beasiswa. Huruf P juga berarti peduli lingkungan melalui kesadaran membuang sampah ditempat sampah, memungut sampah yang ditemui dan memasukannya ke tong sampah. Disiplin, meliputi tepat waktu masuk kelas dan mengumpulkan tugas sesuai ketentuan. Keyakinan, adalah ketetapan hati yang dimiliki untuk menghadapi berbagai rintangan yang menghalangi usaha-usaha pencapaian cita-cita dan tujuan hidup. Tanggungjawab, adalah melaksanakan tugas dengan penuh semangat yaitu siap, laksanakan, sekarang !
            Jujur dalam setiap perkataan dan perbuatan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Sikap jujur menjadi nafas hidup, mengerjakan soal, tugas dan memberikan informasi. Etika adalah sikap sesuai sopan santun baik di kelas, di lingkungan sekolah atau dimanapun kita berada. Taat aturan adalah sikap yang senantiasa menjadi habituasi bagi siswa dan seluruh guru dan karyawan untuk mematuhi seluruh peraturan dan tata tertib sekolah.
            PDKTJET diharapkan dapat meningkatkan martabat dan menggerakkan roda dinamika organisasi sekolah dan kepribadian dari kelemahan fisik dan psikis akibat melakukan aktifitas yang sama secara berulang-ulang. Motivasi sangat penting untuk membuat kegiatan sehari-hari menjadi hidup, lebih bermakna dan mampu meraih prestasi. Tak jarang kita akan diliputi perasaan lemah, tidak bersemangat dikarenakan kehilangan motivasi melakukan aktifitas yang sama berulang-ulang, kurang penghargaan, monoton, sehingga butuh energi yang baru untuk menggairahkan situasi. Melalui PDKTJET, tingkatkan nilai kita, siap laksanakan , sekarang!         

       

1 komentar:

Bangun Sartono Physics mengatakan...

Sangat menginspirasi...........

PESONA WADUK CENGKLIK DESA NGAGOREJO

Materi K 13 Kelas XII PERUBAHAN SOSIAL                     Ada istilah di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua bisa berubah sewaktu waktu o...