Selasa, 18 Juli 2017

Post Test

Kirim jawaban ke email : buharyort3@gmail.com

Soal Uraian



1. Apa saja contoh nyata perubahan sosial?

Jawab : 

2. Apa alasan masyarakat mau menerima perubahan ?

Jawab :    

3. Gambarkan dan beri contoh bahwa suatu penemuan baru dapat mengakibatkan perubahan dibidang-bidang lain!

Jawab :

4. Disintegrasi dapat berwujud pergolakan daerah, aksi protes, demonstrasi, kenakalan remaja dan tindak kriminal. Tuliskan 2 contoh masing-masing!

Jawab :

5. Apa yang dimaksud dengan kejahatan "Kerah Putih" (white collar crime) ?

Jawab :

6. Bagaimana cara menanggulangi kenakalan remaja yang sekarang ini cenderung mengarah ke tindak kriminal ?

Jawab :

7. Jika anda adalah pengamat politik, bagaimana cara anda menyikapi para tokoh politik yang cenderung saling berkonflik?

Jawab:

8. Jika anda seseorang yang mempunyai kedudukan, bagaimana cara anda menyelesaikan masalah-masalah anda ttg disintegrasi?

Jawab :

9. Pada masyarakat majemuk, potensi konflik sangat besar. Sikap apa yang harus dikembangkan agar dapat terwujud kesinambungan bangsa dan negara ?

Jawab :  


10. Sebagai warga masyarakat yang peduli dengan kedamaian dan ketentraman, bagaimana pendapat anda terhadap terjadinya konflik antaretnis di Indonesia?


Jawab :

Pre test

Boyolali, 19 Juli 2017

Kelas Digital
The First Pre Test



SOAL BAB PERUBAHAN SOSIAL

1. Adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda yang dijumpai dalam kehidupan social di masyarakat sering menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Proses ini merupakan…
    a. Perubahan kebudayaan
    b. diferensiasi social
    c. peranan social
    d. perubahan social
    e. integrasi sosial

2. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah…
    a. Tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi
    b. Program transmigrasi dari pemerintah
    c. Keberhasilan program keluarga berencana
    d. Adanya perpindahan penduduk antardaerah
    e. Menurunnya tingkat kesejahteraan mayarakat

3. Salah satu faktor pendorong perubahan masyarakat yang datang dari dalam masyarakat itu sendiri adalah…
    a. Perubahan lingkungan alam
    b. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
    c. Adanya pertentangan dalam masyarakat
    d. Adanya peperangan
    e. Adanya penjajahan

4. Faktor penghalang terjadinya suatu perubahan adalah…
    a. Masayarakat yang terbuka terhadap hal-hal yang baru
    b. Masyarakat yang memiliki inovasi tinggi
    c. Adanya kepentingan-kepentingan yang sudah tertanam kuat
    d. Bertambah dan berkurangnya penduduk
    e. Kuatnya hubungan dengan masyarakat sekitarnya

5. Contoh dari perubahan cepat dan mendasar adalah…
    a. Model pakaian
    b. Revolusi industri
    c. Hukum pewarisan
    d. Undang-undang perkawinan
    e. Pembuatan alat-alat

6. Perubahan yang merupakan lanjutan dari perubahan terdahulu adalah…
    a. Perubahan mendasar
    b. Perubahan revolusi
    c. Perubahan structural 
    d. Perubahan menyebar
    e. Perubahan proses

7. Perubahan yang disebabkan oleh faktor lingkungan alam adalah…
    a. Terjadinya banjir
    b. Hujan besar
    c. Terjadinya bedol desa
    d. Hama pertanian
    e. Kebakaran

8. Cara suatu kebudayaan yang masuk dengan jalan damai disebut…
    a. Penetration violence
    b. Penetration culture
    c. Penetration civilazation
    d. Penetration pasifique
    e. Difusi culture


9. Berikut ini faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial adalah…
    a. Perkembangan iptek yang lambat
    b. prasangka terhadap hal-hal yang berbau asing
    c. Kebutuhan yang semakin kompleks
    d. Chauvanisme
    e. Mempertahankan adat dan kebiasaan

10. Perubahan yang mendasar meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat dinamakan…
    a. Evolusi sosial
    b. Perubahan progress
    c. Pergeseran tata nilai
    d. Revolusi sosial
    e. Perubahan regress

11. Yang termasuk evolusi di bidang sosial adalah…
    a. Perubahan sistem pertanian ladang ke pertanian irigasi
    b. Peneriamaan masyarakat terhadap pola hidup keluarga kecil
    c. Pergantian bentuk pemerintahan dari kerajaan ke republik
    d. Pengguanaan mesin traktor untukmembajak tanah
    e. Penggunaan bibit unggul dalam bidang pertanian

12. Alasan terjadinya perubahan sosial dalam bidang ekonomi berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat adalah…
    a. Rasa tidak puas dengan kondi
si yang sedang berlangsung
    b. Kecewa dengan hasil yang telah didapat
    c. Ingin meningkatkan pendapatan perkapita
    d. Kurangnya ahli dalan pelaksanaan pembangunan
    e. Kurangnya sumberdaya manusia dalam bidang ekonomi

13. Pergolakan sangat erat kaitannya dengan disintegrasi karena…
    a. Disintegrasi berakibat pada perubahan
    b. Pergolakan menimbulkan chaos
    c. Pergolakan menimbulkan anomi
    d. Pegolakan cenderung menimbulkan disintegrasi
    e. Pergolakan cenderung menimbulkan ke konflik

14. Suatu tindakan dikatakan kriminal jika…
    a. Bertentangan dengan norma dan nilai
    b. Tidak sejalan dengan kesepakatan
    c. Bertentangan dengan hukum yang berlaku
    d. Adanya denda yang besar bagi pelaku
    e. Tidak sesuai dengan kehendak pribadi

15. Tindakan korupsi adalah tindak kejahatan yang terjadi karena…
    a. Pelakunya mempunyai kebiasaan buruk
    b. Adanya kelainan jiwa yang diidap pelaku
    c. Ada kesempatan yang dimiliki pelaku
    d. Pelakunya mempunyai cacat fisik
    e. Pelakunya memiliki kekuasaan

16. Perbedaan antara aksi protes dengan aksi demonstrasi terletak pada…
    a. Jumlah pengikutnya
    b. Waktu yang digunakan
    c. Interaksinya
    d. Latar belakang
    e. Tujuannya

17. Perubahan mode pakaian dikategorikan sebagai perubahan yang pengaruhnya kecil dengan ruang lingkup yang tidak luas karena…
    a. Tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat
    b. Selalu menguntungkan pedagang
    c. Hanya diikuti oleh golongan tertentu
    d. Tidak ada hubungannya dengan bidang kebudayaan
    e. Hanya berhubungan dengan kebutuhan sekunder

18. Penemuan baru yang direncanakan secara matang paling banyak terjadi pada…
    a. Bidang agama
    b. Bidang sastra
    c. Bidang sosial
    d. Bidang teknologi
    e. Bidang politik

19. Sikap-sikap yang dapat menjaga keutuhan suatu bangsa sebagai bangsa yang majemuk, antara lain…
    a. Sikap adil dan bijak yang harus dilakukan aparat pemerintah dalam melaksanakan tugasnya
    b. Berjiwa sosial demi kelangsungan hidup kelompoknya/partainya
    c. Menerapkan aturan hukum secara konsekuen bagi golongan tertentu
    d. Menyelesaikan masalah yang ditugaskan hanya kepada aparat tertentu
    e. Meningkatkan sikap primordial bagi steiap suku bangsa yang ada di Indonesia

20. Kesadaran sosial sangat penting dalam mewujudkan kesinambungan negara dan bangsa karena…
    a. Hal ini dapat menambah semnagat gotong-royong setiap wilayah
    b. Sikap yang demikian dapat memberantas konflik antar kelompok atau golongan
    c. Tanpa adanya kesadaran sosial dari setiap warga masyarakat sulit untuk mewujudkaan
         kesinambungan bangsa
    d. Kesadaran nasional akan memupuk sikap primordial setiap suku bangsa
    e. Kesadaran sosial dapat diwujudkan melalui konsolidasi setiap partai politik

Senin, 22 Mei 2017

Kebangkitan Nasional di Era Generasi Medsos



Kebangkitan  Nasional di Era Generasi  Medsos
Oleh : Ari Tri Noeryanti, S.Sos
            Seringkali kita prihatin melihat perkembangan generasi muda akhir – akhir ini. Dimulai dari bangun pagi memegang handphone/HP, makan melihat HP, sampai sore dan malam hari perhatiannya tidak terlepas dari telepon genggam. Kadangkala orang tua sampai geregetan karena memanggil nama anaknya berulang-ulang namun si anak tidak menyaut karena asyik bermain smartphone. Kebiasaan memegang HP tidak hanya remaja namun mewabah sampai anak usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar tak kalah antusiasnya dengan yang remaja.
            Meski diakui kebiasaan anak memegang HP mendorong keterampilan tangan mengolah sejumlah vitur, terbiasa dengan teknologi dan game. Tak jarang membuahkan kreaktifitas misalnya membuat paduan gambar, mengolah rangkaian peristiwa, membuat video lucu, video tutorial dan menguploadnya di youtube. Kadangkala saya pun dibuat kagum dengan video kreaktif yang dibuat anak 8 dan 10 tahun.Mungkin saya tak akan mampu membuatnya saat seusia mereka. Zaman telah berubah teknologi komunikasi merambah ke segala usia dan segmen. Era baru.Program digital dan pembelajaran digitalpun bisa diakses melalui smartphone. Serasa sekolah tatap muka tak akan diperlukan lagi di kemudian hari karena semua pembelajaran dan tugas bisa diakses melalui smartphone.
Simulasi Jean Baudrillard
Jean Boudrillard yang lahir di Perancis 1929, dari keluarga petani urban. Sosiolog Boudrillard menganggap bahwa masyarakat modern adalah merupakan simulasi. Simulasi adalah serangkaian reproduksi ( melalui teknologi komunikasi, yang mendunia melalui televisi, media sosial ), penanda atau simbol adalah merupakan simulasi atau yang dibaca realitas sosial. Boudrillard mengajukan nilai tanda ( sign value ) dan nilai simbol ( simbol value) sebagai kerangka membaca realitas dewasa ini melalui konsumsi dan reproduksi. Masyarakat merupakan representasi simulasi sebagai tanda real ( fakta) yang tercipta melalui tanda,citra yang diproduksi bertumpuk dengan kenyataan yang dapat dilihat dan tampak.
Kenyataan anak-anak dan remaja hidup dalam simulasi tersebut. Simulasi yang menjadi kenyataan adalah model-model seperti: Justin Bieber, Stars war, Minions, Spider Man. Simulasi bukanlah kenyataan tapi fantasi. Hiperrealitas adalah realitas semu, dari kenyataan-kenyataan yang tumpangtindih. Aktifitas dunia maya dapat dipenuhi kegiatan yang positif seperti pendidikan dan berkenalan dengan siapapun tanpa mengenal batas. Mereka berinteraksi, bercakap-cakap, belajar, mengerjakan tugas, bahkan berkreasi dibidang komunikasi digital melalui smartphone. Realitas yang terjalin dalam berita sebagai simbol direproduksi dalam berbagai medsos merupakan fakta yang fantasi di alam pikir dirangkai dengan kenyataan bahwa kemajuan teknologi telah menggantikan interaksi primer dan produksi nilai – nilai sosial. Fenomena borderless tak mengenal batas. Seseorang bisa mengakses berita dan menerima atau mengirim pesan atau simbol secara bebas. Bagaimana nasionalisme tumbuh atau dibangkitkan pada generasi yang tidak mengenal batas negara dan nilai-nilai perjuangan ?
Kebangkitan Nasional
            Setiap 20 Mei Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Sekolah sekolah memperingatinya melalui Upacara Bendera dan mendengarkan orasi tentang sejarah atau puisi perjuangan. Nilai – nilai nasionalisme yang disinyalir dilahirkan oleh Boedi Oetomo bersifat nasional, pergerakan Boedi Oetomo adalah kesadaran tentang kaum berpendidikan tempo dulu yang berbeda dari perjuangan sebelumnya yang bersifat sporadis dan kedaerahan. Perjuangan melalui pergerakan organisasi melahirkan tokoh tokoh intelek seperti Sutomo, Douwess Dekker, Dr Cipto Mangunkusumo, Ir. Soekarno, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, Dr Tjipto Mangunkusumo.
            Semangat, spiritual dan nilai nilai kebangsaan akan sulit dimiliki oleh generasi medsos karena model tidak tersedia. Model renaissance pernah di modelkan oleh film kartun kura – kura ninja. Konon kabarnya caplin juga parodi dari penjahat perang Adolf Hittler. Apakah diperlukan model model pahlawan di dunia maya? Mengingat itu upaya yang efektif yaitu menggunakan cara-cara reproduksi ala posmodern.
Rekayasa Simulasi
            Untuk memenangkan hati anak-anak dan remaja perlu dicoba mempopulerkan model – model seperti Sutomo, Douwess Dekker, Dr Cipto Mangunkusumo, Ir. Soekarno, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Deawantara, Dr Tjipto Mangunkusumo. Popularitasnya dapat diangkat melalui lomba karikatur sejarah, lomba membuat model-model pahlawan yang dibuat sinematografi dan diangkat dalam film kartun, sinetron, movie (film), visualisasi model dalam cerita dongeng seperti dimasukan dalam sinetron atau film seperti upin ipin adalah strategi penggunaan model pahlawan sebagai sosialisasi nilai perjuangan di era tanpa batas. Tanpa menafikan nilai perjuangan dan melecehan saran dibuat mempopulerkan dan menginternalisasikan nilai perjuangan kepada generasi medsos. Mereka dapat berkreasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya dibidang teknologi komunikasi namun bisa juga sekaligus mempelajari nilai nilai perjuangan secara riil. Perkembangan zaman menuntut kita orang dewasa berfikir ala remaja guna memperoleh hasil maksimal. Cara – cara yang dipakai menggunakan cara cara remaja untuk meraih dan memenangkan perhatiannya. Semoga nilai nilai perjuangan Indonesia tidak lagi asing bagi generasi penerus. Beraneka lomba yang kreaktif diviralkan untuk mempengaruhi perhatian kaum muda. Kenyataan simulasi yang riil melalui model model pahlawan diharapkan menumbuhkan euforia perjuangan sebelum akhirnya benar-benar menjadi kesadaran.Bukankah patut dicoba?

Kamis, 18 Mei 2017

Briket Abu Kayu untuk Pengrajin Tahu (Sumber Energi Alternatif)








Kayu bakar masih menjadi sumber energi primadona bagi pengrajin usaha kecil dan menengah di pedesaan. Harga kayu bakar masih relatif murah daripada sumber energi seperti gas LPG dan minyak tanah. Seiring dengan pengembangan wilayah penduduk jumlah lahan untuk menanam kayu bakar semakin lama menyempit. Konsumen kayu bakar semakin lama semakin sedikit hanya beberapa unit usaha kecil menengah yang masih menggunakan produksi secara tradisional. Rumah tangga modern tidak lagi menggunakan kayu bakar untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga yang digantikan gas LPG yang relatif mudah didapat, cepat dan polusi udara yang sedikit.
            Pengrajin tahu di beberapa daerah masih menggunakan cara tradisional dalam pengolahannya, termasuk bahan bakar energinya. Tahu masih menjadi lauk favorit rakyat jelata, selain murah rasanya juga sesuai dengan selera rakyat Indonesia terutama sebagai lauk-pauk di pulau Jawa. Kadangkala melihat cara memproduksi tahu di desa yang sedikit bau, kotor, tidak memakai baju dan berkeringat, timbul perasaan miris dan negatif tetapi harga yang murah menjadikan tahu tetap idola bagi sebagian lidah rakyat Indonesia. Meskipun diminati produksi tahu masih terbatas dan dikerjakan dengan cara sederhana.
            Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Jawa Tengah merupakan daerah paling timur yang berbatasan dengan beberapa kabupaten seperti Surakarta, Karanganyar dan Sukoharjo. Ada beberapa pengrajin tahu di Desa Donohudan, Ngemplak yang merupakan usaha kecil yang perlu mendapatkan perhatian. Beberapa usaha kecil pengrajin tahu yang memulai usahanya secara turun – temurun namun masih bersifat marginal (terpinggirkan). Pengrajin tahu meliputi beberapa jenis usaha seperti : pengrajin jasa pengolahan kedelai menjadi bahan tahu, pengrajin tahu hanya menggoreng, pengrajin olahan tahu menjadi keripik tahu, pengrajin olah tahu lanjut menjadi berbagai produk tahu seperti tahu pong, kepel, tahu sayur cetak bintang, pedagang atau bakul mendistribusikan tahu di pasar tradisional.
            Kelangkaan kayu bakar membuat harganya naik dari biasanya, namun pengrajin tidak beralih ke sumber energi yang lain. Karena dirasa masih memenuhi kebutuhan ongkos produksi yang relatif murah. Diprediksi kayu bakar semakin lama akan mengalami kelangkaan. Oleh sebab itu usaha untuk melakukan efisiensi sangat dibutuhkan. Alternatif cara yang memungkinkan untuk dipilih adalah satu, mencari sumber energi bahan bahan alternatif. Kedua melakukan daur ulang terhadap hasil pembakaran kayu bakar untuk penghematan dan peningkatan nilai dari abu kayu bakar. Solusinya membuat bio arang atau briket dari materi atau limbah hasil pengolahan tahu.
            Briket banyak disosialisasikan kepada publik dari berbagai macam limbah. Limbah sampah organik yang dibakar, sekam padi, abu sisa pembakaran kayu bakar, dan grajen (limbah yang dihasilkan dari kayu). Bahan limbah yang diperkenalkan untuk dimanfaatkan sebagai briket adalah abu kayu dan ampas tahu. Pemanfaatan ampas tahu selama ini sebagai makanan ternak. Meskipun tak jarang ampas tahu dapat dikonsumsi manusia sebagai campuran makanan tradisional seperti pepes tahu, pepes ikan peda dst. Karena ampas tahu masih mengandung unsur yang penting bagi tubuh manusia. Setiap 100 gram ampas tahu mengandung energi 414 kkal. Yang terdiri dari jumlah kandungan protein = 26,6 gram, kandungan lemak = 18,3 gram, jumlah kandungan karbohidrat = 41,3 gram, kandungan kalsium = 19 mg, kandungan fosfor = 29 mg, kandungan zat besi = 4 mg, kandungan Vitamin A = 0 IU jumlah kandungan vitamin B1 = 0,2 mg. Faktanya jarang masyarakat mengkonsumsi ampas tahu karena tidak memenuhi selera lidah masyarakat. Sedangkan abu kayu belum dimanfaatkan.
            Sisa ampas tahu dan abu kayu masih dapat dimanfaatkan sebagai campuran pembuatan briket. Sehingga limbah tersebut dapat bernilai guna beberapa kali. Pemanfaatan limbah  pengrajin tahu sebagai briket dengan komposisi 1;1 meliputi bahan – bahan yang sering didapat disekitar pengarajin. Bahan-bahan tersebut adalah ampas tahu, sekam padi, grajen kayu, dan abu sisa pembakaran kayu bakar dari pembakaran. Semua bahan dicampur dan diberi tambahan perekat tepung kanji atau tapioka. Setelah semua bahan diaduk secara merata baru dicek sesuai selera. Bentuk dan ukuran tidak menjadi masalah. Biasanya dicetak seperti pelet ikan, atau menggunakan bumbung pring, atau hanya dikepal-kepal dengan tangan berbentuk bulatan. Setelah dicetak dikeringkan dibawah terik matahari. Hasil briket siap digunakan sebagai alternatif energi untuk menghemat kayu bakar.
            Hasil briket ampas tahu dan abu kayu sisa pembakaran berupa bara api yang panas dan mampu menggoreng tahu dengan merata dan relatif tahan lama. Bara api yang merah warnanya merupakan sumber energi baru. Sisa pembakaran briket yang berupa abu untuk keduakalinya masih dapat digunakan lagi sebagai pupuk tanaman karena masih mengandung nitrogen.
            Daur ulang abu kayu sisa pembakaran dan limbah ampas tahu dari pengrajin tahu merupakan salah satu ide yang sudah diuji kebermanfaatannya di SMAN 1 Ngemplak, Boyolali. Semoga hal yang sederhana ini dapat memberikan inspirasi bagi pengrajin tahu untuk dapat melakukan usaha penghematan energi karena semakin lama kayu bakar semakin sedikit dan sulit didapat di pasar. Alternatif yang lain untuk meningkatkan usaha pengrajin tahu adalah dengan melakukan usaha kreaktif menambah income melalui pengingkatan kualitas dan citra tahu. Tahu masuk supermarket sudah kita ketahui sejak lama namun bukan berasal dari pengrajin tahu melainkan dari usaha tahu modern. Oleh sebab itu pengrajin tahu membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya melalui produk kreaktif olahan lain yang meningkatkan citra tahu dan harga tahu. Melalui festival dan lomba kreasi tahu ide-ide kreaktif dapat ditumbuhkan dari pengrajin tahu dan kaum muda dapat ditawarkan kepada publik. Siapa tahu hal tersebut menjadikan pamor tahu meningkat. Sehingga secara ekonomis dapat dihargai lebih tinggi dibanding sekarang. Semoga usaha daur ulang melalui briket abu kayu dapat membantu pengrajin tahu menghemat bahan bakar. Mari kita sambut usah-usaha untuk mencari alternatif energi selain yang bersumber dari minyak bumi dan gas untuk menghindari global warming. Selamat mencoba!

PESONA WADUK CENGKLIK DESA NGAGOREJO

Materi K 13 Kelas XII PERUBAHAN SOSIAL                     Ada istilah di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua bisa berubah sewaktu waktu o...